Sabtu, 04 Juni 2011

7 Filosofi Nyiur

FILOSOFI NYIUR

Pohon kelapa dalam bahasa latinnya Cocos nucifera juga disebut sebagai pohon Nyiur. Tingginya dapat mencapai 30 meter, hidup tersebar di seluruh daerah tropika, memiliki buah bulat dan mengandung banyak air. Memiliki banyak keistimewaan. Kehidupan pohon kelapa yang sangat istimewa ini menjadi filosofi, diantaranya :

1. Hidup beradaptasi.
Keistimewaan pohon kelapa adalah dapat hidup beradaptasi di mana-mana, kelapa dapat tumbuh di tepi pantai yang berair asin, maupun di atas gunung.

2. Tumbuh lurus ke atas.
Pohon kelapa memiliki ciri tumbuh lurus ke atas dan tidak bercabang, mengandung pengertian kesetiaan dalam semua aspek kehidupan.

3. Banyak bermanfaat.
Pohon kelapa memiliki banyak manfaat, coba perhatikan, buahnya dapat dijadikan minuman segar. Daging buah dapat dibuat minyak, akarnya dapat dijadikan obat tradisional, batangnya dijadikan bahan bangunan atau jembatan, tempurung dapat dijadikan arang, bahan kerajinan tangan, alat rumah tangga, daunnya dapat dijadikan anyaman, lidi daun dapat dijadikan sapu,tusuk sate, umbutnya dapat dijadikan sayuran enak, sabutnya dapat dijadikan keset, air sadapan tandan bunga dapat dijadikan cuka, arak, gula merah.

4. Kuat dan tangguh.
Pohon kelapa adalah pohon yang kuat dan tangguh, tahan terhadap segala cuaca, bahkan tsunami sekalipun.

5. Berakar merambat
Pohon kelapa memiliki akar serabut, jika dipikir pohon yang tidak memiliki akar tunggang dan hanya berakar serabut iru tidak kuat, namun perhatikan akar serabur pohon kelapa itu sangat berbeda, akarnya merambat dan saling mengikat, maksudnya tidak mudah roboh dan terpengaruh oleh kondisi yang ada.

6. Tak mudah mati.
Pohon kelapa tidak mati mati, secara normal dapat hidup berpuluh-puluh tahun, kecuali ditebang atau tersambar petir. Bahkan batang pohon kelapa sengaja dipotong seperti anak tangga untuk mempermudah orang memanjang pohon ketika mengambil buahnya.

7. Berbuah banyak.
Kelapa termasuk pohon yang menghasilkan buah banyak, karena memiliki tempurung dan kulit yang kuat serta sabut sebagai peredam getaran, maka ketika buah jatuh dari pohon tidak mudah pecah dan buah yang tua yang ringan itu dapat terapung sehingga buah kelapa terbawa ke mana-mana dan tumbuh di sana.

Ketika kita melihat pohon kelapa, kita diingatkan ada filosofi kehidupan yang sangat istimewa di sana, suatu pelajaran dari alam, yang bertujuan membuat kita lebih arif memandang alam.

1 komentar: